Membaca Dan Mengenali Buku Fiksi Dan Nonfiksi

Isi di dalam buku bergenre fiksi tidak harus harus dibuat sejalan dengan keadaan di dunia nyata. Banyak juga Jenis jenis buku fiksi yang isi atau ceritanya menyimpang atau menjadi mustahil bila terjadi di dunia nyata. Hal ini disebabkan karena semua ide cerita, latar dan kejadian yang diceritakan atau dituliskan semuanya berasal dari imajinasi dan pikiran penulis.

Beberapa buku fiksi juga biasanya berisi cerita ulang dari sebuah kejadian yang dibumbui oleh beberapa kejadian hasil dari imajinasi penulisnya. Ada banyak jenis genre yang termasuk ke dalam kategori fiksi diantaranya novel, fiksi sejarah, dan beberapa jenis buku lainnya yang ditulis berdasarkanimajinasi penulisnya.

Kita sering mendengar pepatah singkat, buku adalah jendela dunia.

Membaca buku dapat memberikan kita banyak informasi mengenai hal apapun yang ingin kita ketahui. Terdapat dua jenis buku yang dapat dijadikan sebagai bahan bacaan, yaitu buku fiksi dan nonfiksi.

Jenis jenis buku fiksi adalah suatu karya tulis imajinasi yang berdasarkan khayalan belaka, atau bukan merupakan kisah nyata. Bentuk buku fiksi ini bisa berupa cerpen, novel, drama, roman, puisi, pantun, dan syair.

Buku nonfiksi adalah suatu karya tulis berbentuk buku yang ditulis berdasarkan fakta, kejadian, kondisi sosial dan budaya masyarakat. Jenis buku nonfiksi ini dapat disusun berdasarkan pengamatan dan penelitian untuk mengetahui kebenaran fakta-fakta yang ditulis. Untuk mempermudah mengetahui perbedaan diantara kedua buku tersebut, kita perlu mengetahui ciri-ciri buku fiksi dan nonfiksi.

Akan tetapi, sebelum membahas hal tersebut, kita juga perlu mengetahui penjelasan mengenai apa itu fiksi dan nonfiksi. Novel fiksi memiliki kejadian cerita yang dibuat-buat oleh pengarangnya atau hanya sekedar khayalan. Kejadian dari cerita itu tidak akan pernah ditemui oleh masyarakat pembaca dalam kehidupan nyata. Sedangkan, non fiksi menceritakan kejadian kisah realita yang terkadang jalan cerita bisa diambil dari kejadian nyata cerita orang lain.

Banyak novel-novel sekarang yang lebih bergenre fiksi guna membawa para pembaca ke kehidupan khayalan.

Contoh-contoh dari novel fiksi ssperti Harry Potter, Hunger Games, The Hobbit, Goblin.

Dulunya cerita fiksi dibuat lebih ditujukan kepada anak-anak dibanding orang dewasa. Tetapi semakin berkembangnya waktu cerita fiksi mulai digunakan pada tulisan-tulisan lain dalam bentuk novel maupun cerpen.

Seorang Dahlan Iskan lebih memilih kisah masa kecilnya dinovelkan dengan judul Sepatu Dahlan yang ditulis oleh Khrisna Pabhicara. Itu adalah karya fiksi karena diwujudkan dalam bentuk novel dan kisahnya sudah dibumbui dengan imajinasi penulisnya.

Para pembaca dan penggemar buku tentu sudah akrab dengan buku nonfiksi yang memiliki syarat isi berdasarkan kehidupan nyata. Sederet judul di atas merupakan sebagian contoh macam macam buku non fiksi yang perlu dimiliki karena karya-karya yang diciptakan betul-betul dari buah hasil pemikiran dan catatan pengalaman penulisnya.

Contoh buku fiksi seperti cerpen, novel, drama, dogeng, legenda, dan lain sebagainya. Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dalam resensi buku fiksi ataupun buku nonfiksi.

Terkait perbedaan kedua jenis buku tersebut, meresensinya hanya membutuhkan waktu sampai akhirnya menjadi mahir. Buku nonfiksi memiliki sifat yang lebih kaku daripada buku fiksi yang penuh imajinasi dan ringan.

Walaupun buku nonfiksi bersifat nyata, bukan berarti kamu tidak boleh meresensinya. Ciri yang paling menonjol dari kategori menulis buku non fiksi terletak dari penyampaiannya. Dari segi penulisan buku non fiksi disampaikan menggunakan bahasa formal. Formal dalam hal ini tidak menggunakan bahasa tulis alai, tidak menggunakan tulisan yang macam-macam. Dari segi penulisan sesuai dengan bahasa yang baik dan benar.

Meskipun ada beberapa buku non fiksi, misal buku motivasi dan buku referensi ada yang ditulis menggunakan bahasa yang lebih santai. Meskipun menggunakan bahasa santai, penulisan tetap menggunakan bahasa yang pas, cara ini diperbolehkan.

macam macam buku non fiksi bagus dan berkualitas adalah buku yang memiliki isi dan kandungan yang menarik dan sangat bermanfaat. Biasanya buku-buku yang bagus dan berkualitas akan memiliki review yang bagus di kalangan pencinta buku. Tidak semua orang bisa memahami semua jenis istilah dan bahasa ilmiah.

Ini kadang menjadi salah satu kesulitan yang didapatkan pembaca ketika mereka ingin memahami isi dari buku nonfiksi. Sedangkan buku fiksi merupakan sebuah buku yang dibuat berdasarkan imajinasi, khayalan dan tidak benar-benar terjadi secara nyata.

Buku fiksi ditulis dengan tujuan untuk hiburan bagi para pembaca buku saja. Jika tadi sudah membahas tentang contoh cerita fiksi, sekarang adalah contoh dari cerita non fiksi. Cerita-cerita non fiksi juga ditujukan untuk pembaca anak-anak, remaja, hingga dewasa namun isi bobotnya disesuaikan dengan kebutuhan para pembacanya.

Untuk cerita non fiksi anak-anak biasanya isi bacaannya tidak terlalu panjang dan menggunakan bahasa-bahasa yang sederhana. Sedangkan untuk bacaan dewasa pemilihan bahasanya sudah kompleks.

Seperti buku Cinta Tak Pernah Datang Tepat Waktu karyanya Mas Puthut misalnya, kisah percintaan yang sungguh amat memilukan, bakalan sukses membuat pembaca untuk terus melihat hingga akhir dari cerita.

About Alaisha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *